Monday, February 17, 2014

Ubuntu Versi China Goyang Dominasi Windows

http://images.detik.com/content/2014/02/17/398/ubuntukylin.jpg




Tak disangka sistem operasi Ubuntu versi China ternyata sangat disukai di Negeri Tirai Bambu itu. Dalam satu semester, tercatat sudah lebih dari 1 juta orang yang menggunakan sistem operasi tersebut.

Ubuntu Kylin, yang disebut Canonical sebagai versi Ubuntu yang dioptimalkan untuk masyarakat China memang terbiang sukses. Sejak diluncurkan 6 bulan lalu sistem operasi ini sudah diunduh sebayak 1,3 juta kali.

"Itu adalah jumlah yang sangat mengesankan mengingat China adalah pasar PC terbesar di dunia," tulis pernyataan Canocical. Seperti dikutip detikINETdari Beta News, Senin (17/3/2014).

Ke depannya Canocical percaya bahwa pengguna Ubuntu Kylin akan semakin banyak di China. Sebab, mereka sudah bekerjasama dengan para OEM seperti Dell, HP dan Lenovo untuk memasarkan komputer dengan sistem tersebut di dalamnya.

"Seperti negara lain, warga China juga senang membeli komputer yang didalamnya sudah pre-installedsistem operasi," jelas Canocical.

Dengan jumlah penduduk yang mencapai lebih dari 1,35 mliar, China memang merupakan pasar potensial untuk segala jenis sistem operasi. Ubuntu pun berharap bisa mengoyahkan dominasi Windows di Negeri Panda itu.


http://inet.detik.com/read/2014/02/17/085823/2499099/398/ubuntu-versi-china-goyang-dominasi-windows

No comments:

Post a Comment