Tuesday, February 11, 2014

Android Cepat Panas? Ini Penyebabnya




Dewasa ini jumlah pengguna smarpthone semakin meningkat populasinya, bisa dilhat dari gaya hidup yang menuntu akan selalu up to date, dan haus akan informasi terkini. Jika kita berjalan di sebuah kawasan perkotaan bisa dipastikan kita akan dengan mudah menemui pengguna smarphone yang sedang asik dengan smartphone miliknya.
  Namun syndrome smartphone yang saat ini mewabah meninggalkan kesan yang kurang nyaman ketika terlalu menggunakan smartphone, hawa panas yang keluar dari smartphone menimbulkan rasa tak nyaman ketika kita menggunakan smartphone untuk sekedar bersosial media ataupun browsing.
  Kali ini AI akan sedikit membahas tentang penyebab mengapa smartphone yang khususnya berOS android cepat panas ketika digunakan.
1.Perhatikan Aplikasi Yang Digunakan
Semakin banyaknya apilkasi yang digunakan, ataupun aplikasi yang sedang (Running in Background) membuat system selalu bekerja meskipun layar sedang mati /iddle, oleh karena itu matikan aplikasi yang sedang berjalan pada menu setting/aplikasi/running. Atau droiders bisa menggunakan task killer untuk mengoptimalisasi aplikasi yang sedang berjalan.

2.Perhatikan Ketersediaan Jaringan
Jika Droiders sedang berada pada sebuah gedung bertingkat / mall, maka kekuatan jaringan akan melemah bahkan kadang sinyalpun tak mau masuk, hal ini akan menyebabkan Android kesayangan kita cepat panas. Karena Secara otomatis android akan melakukan scanning jaringan terus menerus. Oleh karena itu Ai menyarankan untuk menggunakan internet dengan bijak, jikalau sinyal kurang memadai tunggulah sampai sinyal benar-benar stabil untuk menghindari overheat.

3.Perhatikan Area Sekitar
Perlu diketahui, jika droiders edang menggunakan smartphone diarea yang ber-AC maka tingkat overheat bisa diminimalisir, namun jika droiders menggunakan smartpohen pada area yang tidak ber-AC apalagi ditempat yang bersuhu tinggi misalnya di lapangan atau dijalan maka smartphone akan menjadi cepat panas karena pengaruh cuaca.

4.Perhatikan Penggunaan Smartphone
Jika Droiders sering melakukan aktifitas seperti chatting,sms,dan bermain game. Maka bisa dipastikan smartphone akan cepat panas, dikarenakan komponen yang ada pada smartphone bekerja ekstra keras saat Droiders menjalankan aplikasi chatting,sms apalagi bermain game, jadi wajar saja kalau smartphone menjadi cepat panas. Untuk itu gunakan smartphone secara bijak, jika sudah diarasa cukup panas, hentikan pemakaian, guna menghindari kerusakan hardware dan memperpanjang umur smartphone.

5.Perhatikan Umur Batrey
Jika batrey sudah dirasa cukup boros, itu memungkinkan meningkatnya aktivitas charging, hal ini bisa menyebabkan android cepat panas, karena batrey yang sering habis, untuk itu Ai sarankan untuk mengganti batrey Original sesuai dengan Merk Smartphone Android yang digunakan.
Demikian sedikit penjelasan dan tips dari Ai, semoga bisa bermanfaat terutama bagi droiders yang sering megeluh Androidnya cepat panas.


http://www.android-indonesia.com/tips-triks/item/929-android-cepat-panas-ini-penyebabnya

No comments:

Post a Comment