Sunday, February 9, 2014

Pengalaman Menggunakan Smartphone LG Optimus L7 II P713

Saat ini persaingan smartphone semakin seru saja. Setiap vendor menerapkan strategi masing-masing untuk meraih target pasarnya sendiri-sendiri. Pertarungan antar-vendor semakin kentara, seolah saling berpacu menciptakan smartphone tercanggih. Hal yang paling sederhana dalam persaingan ini adalah layar smartphone, tidak hanya luas layar tapi juga kualitas dari layar tersebut. Layar besar tapi kualitasnya jelek tentu sangat mengecewakan.
Selama ini luas layar ideal untuk smartphone memang masih menjadi perdebatan. Bagi saya, smartphone ideal itu 4� sampai 6�, di atas itu masuk phablet dan di bawah itu masuk ponsel. Alasannya sederhana, dengan ukuran jempol yang cukup besar saya perlu layar yang besar. Itulah yang saya rasakan setelah dua minggu ini menggunakan LG Optimus L7 II P713. Layar sentuhnya yang seluas 4,3� membuat saya lancar ngetik. Itulah kesan pertama saya.

LG L7II P713

Ketika dalam genggaman, LG Optimus L7 II P713 sangat pas di tangan saya. Saya biasanya menggenggam smartphone di tangan kiri jika hanya menerima panggilan atau mantau timeline Twitter. Namu jika perlu mengetik email atau nonton video, saya menggunakan dua tangan dalam posisi horisontal. Dalam dua posisi tersebut, LG Optimus L7 II P713 sangat nyaman dalam genggaman. Yang agak ribet kalau mau ngantongin LG Optimus L7 II P713, rasanya kantong baju dan celana menjadi sedikit kekecilan. :)
Pertama kali makai smartphone ini, saya agak canggung karena penempatan tombol back di sebelah kiri tombol home. Jadi ya perlu sedikit pembiasaan karena sebelumnya saya menggunakan smartphone dengan posisi tombol back di sebelah kanan. Soal kualitas layar, LG memang jagonya. Ketika saya gunakan untuk memutar video, layar terlihat sangat memukau, bahkan ketika dilihat dari sudut samping yang sempit. Meskipun resolusinya hanya 480X800 piksel, layar True Color IPS milik LG Optimus L7 II P713 menapilkan gambar yang sangat detail.
LG L7 II P-713


Selanjutnya mari kita lihat lebih dalam. LG Optimus L7 II P713 ini sudah dibekali dengan OS Android 4.1.2 Jelly Bean. Untuk memaksimalkan kinerjanya, LG Optimus L7 II P713 juga dibekali dengan prosesor Qualcomm Snapdragon Dual-core 1 GHz Cortex-A5 dan RAM sebesar 768 MB. Untuk media penyimpanan data, LG Optimus L7 II P713 dibekali memori internal sebesar 4 GB. Hasilnya, performa LG Optimus L7 II P713 sangat bagus meskipun saya kerap lompat dari satu menu ke menu lainnya. Semuanya lancar tanpa gangguan.
Hal menarik yang saya temukan pada LG Optimus L7 II P713 ini adalah kameranya yang memiliki resolusi 8 MP. Sepertinya karena didukung layar yang mumpuni, gambar yang ada di layar ketika sedang membidik objek foto sangatlah bagus. Selain sudah dilengkapi autofokus dan LED Flash, kamera LG Optimus L7 II P713 sudah dilengkapi dengan voice command yang memungkinkan saya mengambil foto tanpa menyentuh tombol atau layar. Selain itu, kamera LG Optimus L7 II P713 memiliki menu pengaturan kamera yang cukup lengkap seperti shooting mode, brightness, flash, color effect, timer, dan lain-lain.

LG L7 II P-713

Untuk mendukung kinerjanya, LG Optimus L7 II P713 dibekali dengan baterai Lithium-Ion 2.460 mAh, cukup besar jika dibandingkan dengan pesaing-pesaing di kelasnya. Meskipun saya pakai terus-terusan mulai Twitteran, motret, sampai nonton video, kalau dihitung-hitung saya men-charge baterai LG Optimus L7 II P713 tiga kali setiap dua hari. Ketika sedang di-charge, tombol home LG Optimus L7 II P713 ini bisa berwarna merah. Kerennya, menu yang dinamakan Home Button LED ini bisa memunculkan warna yang berbeda-beda jika ada panggilan masuk, SMS, atau email.
Selanjutnya, saya menemukan fitur-fitur canggih LG Optimus L7 II P713 yang (mungkin) tidak ditemukan di smartphone lain. Yang pertama, fitur Cross-tasking Qslide yang bisa menampilkan dua aplikasi dalam satu layar. Misalnya, saya tetap bisa menonton video sambil mengirim SMS dalam waktu yang bersamaan. Ini baru multi-tasking! Yang kedua, fitur QuickMemo yang bisa digunakan untuk screenshot, membuat tulisan atau gambar dengan jari, dan masih banyak lagi. Fitur QuickMemo ini sangat berguna dan membuat lebih kreatif.
LG L7 II P-713

Sebenarnya masih banyak fitur yang belum diungkap di sini, tapi rasanya sudah panjang lebar saya menceritakan pengalaman saya. Oiya, harga LG Optimus L7 II P713 saat ini Rp. 2.799.000,-. Seperti biasa, membandingkan fitur dan harga sudah menjadi kewajiban jika hendak membeli smartphone baru. Percaya atau tidak, LG Optimus L7 II P713 memang juara di rentang harga segitu..




No comments:

Post a Comment