Monday, July 15, 2013

Sejarah di balik kaca super kuat Gorilla Glass





Mungkin smartphone yang Anda miliki saat ini telah dilindungi oleh layar kaca satu ini. Iya, Gorilla Glass, sebuah layar kaca yang memiliki kualitas ketahanan mengagumkan.
Gorilla Glass merupakan kaca berbahan alkali-aluminosilikat memiliki daya tahan 2 atau 3 kali lebih kuat daripada kaca biasa. Bahkan dikutip ZDnet (12/10/2012), Gorilla Glass generasi kedua bisa menahan beban hingga 50.000 kg per inci perseginya.
Kekuatan Gorilla Glass sendiri juga sudah banyak dibuktikan dengan banyaknya video yang menyebar di internet yang menunjukkan jika kaca ini juga bisa menahan goresan benda tajam seperti pisau, gergaji, obeng, kunci mobil, dan benda lainnya tanpa menimbulkan bekas sedikitpun.
Dilansir Intomobile (2/8/2012), Gorilla Glass merupakan produk buatan perusahaan kaca bernama Corning yang berasal dari Amerika Serikat. Perusahaan yang mulai mencetuskan kaca super kuat pada tahun 1950an melalui proyek bernama 'Project Muscle' dan berhasil membuat kaca super kuat bernama Chemcor.
Namun, saat itu Chemcor tidak berhasil diproduksi secara masal dikarenakan ongkos produksi yang mahal dan juga fungsi utamanya yang belum jelas. Tercatat jika kaca Chemcor tersebut hanya pernah diproduksi sekitar 100 buah dalam bentuk kaca mobil guna keperluan Race Car Dodge Dart yang mana Chemcor dianggap lebih kuat dan lebih ringan.
Meskipun kurang berhasil, namun Chemcor inilah yang menjadi cikal bakal dari kaca Gorilla Glass yang saat ini sudah banyak dijumpai di perangkat smartphone, tablet, atau bahkan layar kaca perangkat televisi.
Akan tetapi pemanfaatan teknologi kaca kuat Gorilla Glass ini di perangkat smartphone atau gadget dicetuskan oleh mantan CEO Apple Steve Job. Steve Job dengan produk iPhone generasi pertamalah yang menjadi smartphone pertama pengguna Gorilla Glass sebagai pelindung display nya.
Saat ini sendiri diperkirakan kaca Gorilla Glass telah digunakan di jutaan smartphone dan gadget lainnya. Bahkan, dikabarkan jika tahun depan Gorilla Glass akan meluncurkan Gorilla Glass generasi ketiga yang diklaim akan lebih kuat.


 http://www.merdeka.com/teknologi/tekstory-sejarah-dibalik-kaca-super-kuat-bernama-gorilla-glass.html

No comments:

Post a Comment