Monday, July 29, 2013

Zorin, Linux yang mirip Windows 7








Orang memilih menggunakan sistem operasi Linux karena berbagai pertimbangan, salah satunya adalah karena sistem operasi ini tak berbayar. Masalahnya, beralih dari sistem operasi Windows ke sistem operasi lain bukanlah urusan gampang. Selain karena tampilan, cara kerja sistem operasi selain Windows jelas tak akan sama. Kalau Anda termasuk orang yang direpotkan dengan urusan ini, ada baiknya Anda mencoba sistem operasi bernama Zorin ini.

Zorin sendiri sebenarnya adalah sistem operasi berbasis Linux. Meski berbasis Linux namun sistem operasi yang dilansir dalam versi 32 bit dan 64 bit ini memiliki antarmuka dan cara kerja sangat mirip dengan Windows 7. Memang tak sepenuhnya sama karena bagaimanapun pembuat OS ini masih harus mempertimbangkan hak cipta namun secara keseluruhan, pengguna Windows 7 tak akan mengalami kesulitan beradaptasi.

Tombol Start yang ada di Windows 7 diganti dengan tombol berbentuk bulat dengan logo Zorin. Saat diklik, muncul deretan menu yang kental bernuansa Windows 7. Di deret paling bawah ada kolom pencarian sementara di atasnya berjajar sederet aplikasi termasuk email dan games. Di kolom sebelah kanan ada beberapa link menuju Douments, Pictures, Music, Videos dan lain-lain, nyaris sama dengan Windows 7.

Kesamaan ini memang disengaja karena pencipta Zorin memang bermaksud mengurangi waktu yang dibutuhkan pengguna untuk mempelajari sistem operasi ini setelah mereka terbiasa dengan sistem operasi keluaran Microsoft. Zorin dilengkapi dengan Look Changer yang berfungsi mengubah tampilan OS ini menjadi mirip dengan Windows 7, Windows XP atau Linux. Kalau Anda membeli versi premiumnya, Anda bisa mengubah tampilan Zorin menjadi mirip Windows Vista, 2000, atau Mac OS X.

Selain terlihat mirip dengan Windows 7, Zorin juga dilengkapi dengan WINE Windows Emulator yang memungkinkan Anda menginstal aplikasi berbasis Windows di sistem operasi ini. Kalau Anda tak mau berurusan dengan software bajakan, Zorin telah menyediakan cukup banyak aplikasi yang tersedia di Software Center, mirip dengan fitur milik Ubuntu.

Karena berbasis Linux, otomatis Anda tak perlu lagi dibuat resah oleh virus yang kebanyakan memang dibuat untuk bekerja pada sistem operasi Windows. Selain itu, Zorin konon juga bekerja lebih cepat dan lebih stabil dari Windows 7.


#merdeka.com



No comments:

Post a Comment