Tuesday, August 5, 2014

9 Aplikasi Pengolah Foto Gratis Alternatif Photoshop untuk linux

1. Pixlr Editor

Pixlr editor adalah aplikasi alternatif photoshop berbasis browser yang dapat digunakan tanpa harus mendownload. Meskipun berbasis browser Pixlr editor memiliki fungsi yang sama seperti Photoshop dengan layout dan menu navigasi yang dapat  digeser-geser persis dengan Photoshop.
aplikasi alternatif photoshop pixlr editor
Meskipun Pixlr editor memiliki fungsi dan tampilan yang sama dengan Photoshop, namun kemampuan dan hasil dalam mengolah foto masih jauh dibandingkan dengan Photoshop. Misalnya jika kamu menggunakan banyak layer dan efek hasil foto akan terlihat palsu.
Secara keseluruhan Pixlr editor adalah editor gambar yang patut untuk dicoba untuk kebutuhan editing foto ringan. Selain praktis dan ringkas, aplikasi Pixlr editor bebas untuk digunakan tanpa harus membayar. Kamu dapat meng-upload foto dari hard drive atau melalui URL, bahkan dari online library seperti pada akun Facebook kamu.
pixlr express
Selain itu Pixlr editor kami juga merekomendasikan aplikasi Pixlr Express dan Pixlr O-Matic. Pixlr Express dan Pixlr O-Matic adalah aplikasi quick editing dengan pilihan berbagai efek yang unik. Selain berbasis web aplikasi ini juga tersedia di App Store (iOS) dan Google Play Store (Android).

2. Sumopaint

Sumopaint adalah aplikasi foto editor yang dapat digunakan secara online atau di download sebagai sebuah aplikasi. Tersedia dalam versi free (gratis) dan pro (berbayar), Sumopaint memiliki fitur-fitur yang cukup mumpuni untuk editing foto.
Tampilan Sumopaint mirip dengan Photoshop, namun pada versi gratisnya fitur-fitur yang ada tidak sebanyak pada versi pro. Dalam versi gratis, hanya terdapat pilihan tools dasar yang dapat digunakan, namun untuk penggunaan foto editing ringan versi gratis sudah cukup mumpuni.
aplikasi alternatif photoshop sumopaint
Aplikasi ini juga didukung dengan berbagai pilihan tools editing yang memiliki kesamaan dengan Photoshop. Selain itu Sumopaint juga memiliki fitur multilayer. Jika diukur, kemampuan Sumopaint dalam mengolah foto berada pada berskala menengah dan tinggi.

3. PicMonkey

PicMonkey adalah aplikasi foto editor berbasis web, fun dan sangat mudah untuk digunakan. Aplikasi ini pada dasarnya bersifat fun editing dengan berbagai pilihan filter, ornamen-ornamen unik atau koleksi frame lucu. Namun tidak semua fitur dapat digunakan pada versi gratis. Untuk dapat menggunakan semua fitur yang tersedia pengguna harus meng-upgrade layanan ini pada versi pro.
aplikasi alternatif photoshop picmonkey
PicMonkey memiliki beberapa fixing tools yang menarik seperti airbrushing, penghilang kerut, mascara dan bahkan penipis bibir. Namun jangan berharap hasil yang muncul seperti akan sesempurna Photoshop, aplikasi PicMonkey pada dasarnya adalah aplikasi editing foto yang fun.
Selain itu, PicMonkey juga memiliki koleksi sticker seperti kumis, topi, bibir dan berbagai koleksti tekstur. Menambahkan sticker ke dalam foto juga sangat mudah. Aplikasi yang sangat mudah digunakan ini ditujukan untuk foto editing yang ringan dan fun.

4. Splashup

Splashup adalah aplikasi foto editor online yang ditujukan untuk pemula dan kebutuhan editing foto ringan. Pengguna dapat mengimpor foto-foto dari online photo library seperti Flickr, Facebook, Picasa, Photobucket atau mengimpor dari hard drive komputer.
aplikasi splashup
Sekilas, tampilan Splashup mirip dengan layout Photoshop dengan pilihan tools yang lebih sedikit. Splashup memiliki fitur-fitur dasar, namun sayangnya fitur kurva, level, hue dan color vibrant tidak ada dalam aplikasi ini. Aplikasi ini lebih tepatnya ditujukan bagi pengguna yang ingin melakukan editing foto sederhana seperti cropping, smudging dsb. Salah satu kekurangan yang banyak dikeluhkan adalah aplikasi ini tidak mendukung keyboard shortcut.

5. Picfull

Aplikasi Picfull memposisikan dirinya sebagai one click photo editing. Jika kamu ingin melakukan retouch foto dengan cepat dan simpel, aplikasi Picfull menawarkan banyak fitur yang dapat digunakan dengan cepat dan mudah.
aplikasi picfull
Aplikasi online berbasis web ini memiliki berbagai pilihan filter dengan tingkat dan pengaturan lainnya pada masing-masing filter. Namun sayangnya aplikasi ini memiliki jendela yang kecil jika dibandingkan dengan editor foto lainnya. Bagi beberapa pengguna hal ini tidak menjadi masalah mengingat Picfull adalah aplikasi filter foto.

6. Fotor

Fotor adalah aplikasi foto editing online berbasis web yang memiliki fungsi kurang lebih sama dengan PicMonkey. Fotor menawarkan berbagai pilihan filter yang unik. Salah satu filter yang cukup menarik filter black and white dengan 8 pilihan hasil yang berbeda dan filter tilt shift. Aplikasi ini juga menyediakan sticker jika kamu ingin menjadikan hasil foto lebih lucu.
aplikasi alternatif photoshop fotor
Fotor juga tersedia pada ekstensi Chrome yang dapat langsung diintegrasikan pada browser Chrome. Setelah mencoba beberapa kali filter, aplikasi ini terkadang tidak dapat memproses foto dengan lancar. Selain pilihan filter, aplikasi Fotor juga menyediakan berbagai pilihan frame, clip art dan text.

7. GIMP

GNU Image Manipulation atau yang sering disingkat dengan GIMP adalah aplikasi open source yang telah lama dikembangkan untuk mengimbangi kehadiran Photoshop. Sejak diluncurkan 17 tahun silam, GIMP terus berkembang dengan berbagai perbaikan dan telah merangkul banyak pengguna yang kini terus bertambah.
aplikasi alternatif photoshop gimp
Versi GIMP saat ini telah mengalami peningkatan yang sangat drastis dari versi awalnya. Seperti halnya dengan Photoshop, aplikasi ini membutuhkan waktu bootup yang lama, dan beberapa tools akan muncul beberapa saat setelah aplikasi terbuka. GIMP memiliki fitur professional photo editor yang sama dengan Photoshop.
GIMP dapat diibaratkan apa yang dapat dilakukan oleh Photoshop dapat dilakukan pula oleh GIMP. Mengingat GIMP adalah aplikasi gratis (free) dan open source, aplikasi ini menjadi pilihan favorit para developer, editor pemula, atau bahkan professional editor.

8. Seashore

Seashore adalah aplikasi foto editing untuk sistem operasi Mac OS X, menggunakan format asli yang sama dengan GIMP namun untuk pada bagian User Interface aplikasi ini menggunakan Kakao UI untuk memudahkan sistem kerja Mac OS X.
aplikasi alternatif photoshop seashore
Sementara beberapa alat dapat dikustomisasi (customize), aplikasi ini tidak memiliki pilihan filter dan efek khusus. Namun demikian, Seashore adalah aplikasi foto editor yang gratis digunakan oleh pengguna Mac OS X.

9. Image Tricks

Image Tricks adalah aplikasi foto editing bagi penggemar filter foto, efek, dan overlay. Dari tampilannya yang penuh dengan efek dan filter aplikasi ini menawarkan berbagai pilihan yang lengkap.
aplikasi alternatif photoshop image trick
Hadir dalam 2 versi yaitu versi lite dan pro, perbedaan keduanya hanya pada banyak sedikitnya pilihan filter yang ditawarkan.

Source :http://www.osrepublik.com/

No comments:

Post a Comment