Tuesday, August 5, 2014

10 Aplikasi Launcher untuk Mempercantik Tampilan pada Android

1. Aplikasi Launcher Android Aviate

Salah satu aplikasi launcher Android yang sedang jadi perbincangan hangat saat ini adalah Aviate. Aplikasi yang masih tergolong baru ini memiliki desain interface yang hampir mirip dengan Google Now, Aviate dapat memberikan informasi kepada pengguna sesuai dengan momen tertentu. Kemiripan desain interface Aviate dengan Google Now tidaklah mengherankan karena memang pendirinya, Paul Montoy-Wilson dan William Choi pernah bekerja di Google.
launcher aviate android 2

Launcher Aviate bekerja secara dinamis, memberikan informasi yang dibutuhkan tanpa perlu perintah pengguna. Ia memberikan informasi berdasarkan beberapa faktor, seperti waktu, lokasi dan memperediksi apa yang sedang kamu lakukan, lalu menyediakan aplikasi paling relevan. Misalnya, ketika pengguna bangun, Aviate menyediakan informasi mengenai jadwal pada hari itu, cuaca, dan juga aplikasi-aplikasi yang kerap kamu buka ketika bangun pagi.
launcher aviate android 1

Ketika akan berangkat bekerja, Aviate juga dapat menampilkan aplikasi peta (map), seperti Waze, Google Maps dan lainnya. Jika pengguna berada di restoran, home screen akan menyesuaikan dengan menampilkan foto dan tips dari Forsquare, dan opsi untuk check in. Dengan aplikasi launcher ini seakan membuat pengguna tak perlu lagi Google Now. Jika kamu tidak suka dengan aplikasi yang direkomendasikan Aviate di home screen, kamu bisa dengan mudah menggantinya dengan cara drag and drop ikon aplikasi yang ada di smartphone kamu.

2. Aplikasi Android Buzz Launcher

Buzz Launcher adalah aplikasi launcher Android pengubah tampilan interface terutama pada Homescreen dengan fitur utama Homepack. Mungkin fitur ini merupakan satu-satunya fitur yang tidak dimiliki oleh aplikasi launcher lain di Android. Dengan fitur Homepack ini kamu dapat dengan mudah mengganti tampilan Homescreen pada smartphone Android.
aplikasi launcher android buzz launcher 1

Cara penggunaan aplikasi Buzz Lancher ini dapat dikatakan mudah dan simpel. Setelah mendownload dan menginstall aplikasi Launcher ini melalui Google Play Store kamu dapat memilih berbagai template homescreen yang ada di Buzz Launcher. Homescreen Pack yang disediakan Buzz Launcher memiliki pilihan yang banyak dan selalu diupdate tiap harinya. Buzz Launcher memiliki semacam komunitas desainer Homescreen yang bisa melakukan submit Homepack karya mereka ke Homepack Buzz sehingga bisa digunakan oleh pengguna Buzz Launcher lain.
aplikasi launcher android buzz launcher 2

Dibandingkan dengan aplikasi launcher Android lainnya, Buzz Launcher tidak memiliki beberapa fitur seperti aplikasi launcher Android lainnya, seperti penggantian icon pada App Drawer, pengaturan besar kecil font serta animasi slide/scrolling. Buzz Launcher adalah satu dari sekian banyak aplikasi launcher Android lainnya yang dimaksimalkan pada fitur pengubah Homescreen.

3. Aplikasi Android Dodol Launcher

Dalam artikel sebelumnya, pernah dibahas tentang Dodol Launcher, aplikasi launcher pada Andorid dengan berbagai fitur yang fungsional dan juga memiliki desain tampilan yang indah dan intuitif. Dengan menggunakan aplikasi launcher ini, kamu juga dapat mengubah tampilan Icon, Wallpaper, Folder, Dock, App Drawer dan Widget. Untuk desain layoutnya bisa dikatakan hampir sama dengan aplikasi launcher lainnya.
tampilan muka dodol launcher for android

App Drawer merupakan salah satu hal menarik dari aplikasi ini. Berbeda dengan App Drawer bawaan (stock Android), Dodol Launcher App Drawer memberikan empat pilihan App Drawer yaitu: All, Recent, Running dan Widget. Kamu juga dapat membuat Shortcut atau Widget pada halaman Home Screen dengan men-drag ke App Drawer dan menempatkannya sesuai dengan keinginanmu.
dodol launcher default

Selain berfungsi untuk mengubah tampilan, Dodol Launcher secara default memberikan beberapa tools yang berguna seperti Memory Cleaner untuk membersihkan cache, pilihan untuk mengubah Ringtone dan pengaturan Font System yang semuanya dapat diakses di Home Screen. Aplikasi launcher Dodol Launcher adalah aplikasi yang banyak menawarkan fitur dan pilihan custom tema. Dodol Launcher dapat berjalan di sistem operasi Android 4.0.3 dan diatasnya.

4. Aplikasi Launcher Android Themer

Themer adalah salah satu aplikasi launcher yang menarik perhatian, yang terbilang belum lama diluncurkan. Aplikasi Launcher Themer kini sudah memasuki masa open beta dan bisa diunduh dari Google Play Store.
aplikasi launcher themer android

Themer memungkinkan pengguna untuk mengubah tampilan interface home screen pada smartphone Android supaya lebih personal. Penggantian tampilan ini dapat dilakukan dengan cara yang mudah. Pilihan tema juga sangat beragam, mulai dari mirip iPhone, minimalis, gelap, warna-warni, natural dan sebagainya.
aplikasi launcher android themer

Tema diklasifikasikan ke dalam beberapa kategori, seperti most popular, staf picks, newest, favorites dan downloaded. Aplikasi Themer dapat dikatakan gabungan antara Aviate dan Buzz Launcher, yang menawarkan fitur untuk mengganti icon, wallpaper dan sebagainya dengan cara yang mudah. Seperti aplikasi Aviate, kamu juga bisa membagikan tema yang kamu gunakan ke jejaring sosial. Ketika akan mengunduh tema pilihan, kamu akan diminta untuk sign in dengan akun Google atau Facebook.

5. Aplikasi Android Espier Launcher

Espier Launcher adalah aplikasi launcher Android dengan tampilan interface yang mirip dengan iPhone. Saat ini Espier launcher juga telah merilis  tema iPhone versi iOS 7. Tampilan yang diberikan sangat mirip dengan iPhone aslinya.
aplikasi espire launcher andorid 2

Dari tampilannya terlihat seperti desain interface iOS 7 yang flat dengan berbagai kombinasi icon-icon yang khas iOS 7. Untuk tampilan pada menu pengaturan, Espier Launcher masih menggunakan tampilan seperti pada versi iOS 6 dengan berbagai setting yang dapat kamu pilih. Settingan ini termasuk banyaknya icon dan layout yang ada dalam Espier Launcher.
aplikasi espire launcher android

Untuk tampilan akses menu berbeda dengan iOS 7 dimana kamu bisa menariknya secara langsung (swipe) dari bawah. Pada Espier Launcher versi iOS7 juga bisa di swipe namun dengan tampilan interface masih sama dengan versi iOS 6, dimana untuk menggeser icon shortcut dan aplikasi yang aktif di menu bar bawah dapat dipindah dengan menggeser ke kanan.

6. Aplikasi Android Smart Launcher

Smart Launcher adalah aplikasi launcher Android mengubah tampilan interface pada smartphone Android. Perbedaan Launcher ini dari yang lainnya adalah tampilannya yang simpel dan ringan. Dengan menggunakan Smart Launcher aplikasi-aplikasi yang ada di App Drawer dapat diatur tampilannya sesuai dengan kategori apps. Mulai diurutkan berdasarkan Chat, Internet, Game, Setting dan lainnya, pengguna dapat dengan mudah mencari aplikasi yang terinstall pada smartphone Android.
smart launcher android 2

Salah satu fitur yang menarik Launcher buatan GinLemon ini adalah adanya Shortcut Apps dengan style bubble pada Homescreen. Jadi kamu bisa meletakkan shortcut aplikasi yang sering kamu digunakan pada homescreen sehingga lebih mudah untuk mengaksesnya.
smart launcher android

Smart Launcher tersedia 2 versi yang dapat didownload yaitu versi gratis dan berbayar. Pada versi berbayar terdapat beberapa fitur tambahan seperti widget place. Karena di versi gratis, kamu tidak dapat menambah widget.

7. Aplikasi Android ADW Launcher

ADW launcher salah satu aplikasi launcher yang cukup banyak dijadikan launcher default pada Android karena tidak banyak memakan memori. Selain itu koleksi tema yang tersedia juga banyak. ADW Launcher memiliki banyak fitur dan yang paling penting adalah launcher ini kompatibel dengan android 1.6 keatas, bagi pengguna yang memiliki smartphone Andorid model lama dapat menggunakan launcher ini.
aplikasi adw launcher android

Beberapa fitur yang tersedia adalah, page transition, page indicator style, folder control, gesture, lock icon, app drawer, screen margin, dan ribuan tema yang tersedia.
aplikasi adw launcher android 2

Pada app drawer kamu akan melihat beberapa fitur menarik seperti: app drawer style, dimana kamu dapat mengatur tampilan layout app drawer seperti vertical scrolling, cubed pages, simple side to side swipes dan sebagainya. Selain itu pada fitur app groups kamu dapat mengatur aplikasi apa saja yang akan muncul di grup dan aplikasi mana saja yang ingin disembunyikan. Tersedia dalam dua versi, yaitu versi gratis dan pro (berbayar).

8. Aplikasi Android Action Launcher

Salah satu launcher Android yang populer adalah Action Launcher. Pada update terbarunya, launcher ini menyediakan fitur terbaru. Selain beberapa modifikasi tampilan, Action Launcher juga menambahkan salah satu fitur utama yang bernama Quickpage.
aplikasi action launcher android 1

Action Launcher juga tidak menampilkan App Drawer seperti tampilan Android Standar. Fitur Quickpage, jika pada versi sebelumnya kita dikenal dengan Quickdrawer dimana dengan melakukan swipe dari layar kiri kita bisa melihat semua aplikasi yang ada di Android. Fiitur Quickpage ini akan menampilkan aplikasi-aplikasi apa aja yang sering digunakan. Tampilan pada Quickpage juga dapat dimodifikasi dengan menambahkan widget di dalamnya.
aplikasi action launcher android 2

Selain tambahan fitur Quickpage, terdapat satu fitur menarik yang bernama 1-Swipe. Dengan fitur 1-Swipe ini kamu dapat membuka Quickdrawer maupun Quickpage tanpa perlu kembali ke homescreen. Sedangkan pada sisi tampilannya Action Launcher  sudah dilengkapi dengan folder dan navigasi homescreen bertema Android versi KitKat.

9. Aplikasi Android Nova Launcher

Nova Launcher adalah aplikasi launcher Android yang memiliki penggemar yang sangat banyak. Nova launcher bukanlah nama baru dalam dunia Android Launcher, dengan banyak pilihan kostumisasinya dan aplikasi ini berjalan cukup ringan.
aplikasi nova launcher android

Aplikasi Nova Launcher memiliki ciri khas pada tampilan defaultnya yang sama dengan bawaan Android (stock launcher), jadi tampilannya selalu update mengikuti rilisnya Android terbaru. Contohnya ketika Jelly Bean dirilis, Nova menyediakan launcher dengan tampilan Jelly Bean yang bisa dinikmati para pengguna Android versi sebelum Jelly Bean.
aplikasi nova launcher android 2

Kali ini Nova kembali melakukan hal yang sama, semua bagian dibuat sama dengan launchernya KitKat. Fitur terbaru pada Nova Launcher adalah KitKat scroll indicator, KitKat folders styles, KitKat font, KitKat app drawer icon, Google KitKat icon theme, Small autohiding tabs in app drawer dan Transparent system bars pada KitKat.

10. Aplikasi Android Facebook Home

Aplikasi custom launcher untuk Android besutan perusahaan milik Mark Zuckerberg ini didesain sedemikian rupa bagi kamu yang mementingkan interaksi manusia daripada aplikasi. Maksudnya adalah, pada home screen kamu dapat langsung bermain dan berinteraksi dengan teman-teman melalui Facebook tanpa membuka aplikasi Facebook terlebih dahulu.
aplikasi facebook home android

Bila dilihat dari tampilan interface, kamu dapat melihat secara langsung berbagai konten yang biasa didapatkan di Facebook. Dengan melakukan swipe (menggeser) kamu juga dapat melihat konten lain yang dibagikan oleh teman-teman di Facebook.

Aplikasi Launcher Andorid memberikan banyak fitur-fitur yang tidak terdapat pada launcher bawaan dan menawarkan berbagai macam desain tampilan dengan keunikannya masing-masing. Setiap pengguna tentunya memiliki preferensi tersendiri dalam memilih launcher mana yang paling sesuai dengan kebutuhan. Ulasan diatas setidaknya dapat memberikan gambaran tentang aplikasi launcher populer yang terdapat pada Google Play Store.



Source : http://www.osrepublik.com/

No comments:

Post a Comment