Tuesday, June 19, 2012

Linux Slax

Linux slax itu Linux yang ringan  .....pernah install waktu ada tugas kuliah buat remastering poko nya mantapz the .. turunan SLACKWARE  ....

website asli nya www.slax.org





SLAX adalah sistem operasi Live CD Linux (distro linux) berbasis Slackware. Ia tidak perlu di-instal ke hard drive; berjalan dari CD atau USB drive. Terdapat juga pilihan untuk menjalankan SLAX dari RAM. SLAX dikembangkan oleh Tom� Matej�cek dari Republik Czech menggunakan Linux Live scripts.


EDISI 


Slax 6

Slax 6 ditawarkan dalam satu versi, dan sepenuhnya bergantung pada modul (paket tambahan) untuk tambahan fitur.

Slax 5Ada lima versi resmi Slax 5:

  • Slax Standard adalah distribusi standar untuk penggunaan pribadi normal.
  • Slax KillBill termasuk WineDosBox dan Qemu untuk menjalankan aplikasi DOS dan Microsoft Windows.
  • Slax Server menyediakan tambahan fungsi Internet telah di-konfigurasi dengan DNSDHCPSAMBAHTTPFTPMySQLSMTPPOP3,IMAPSSH dan aplikasi server lainnya.
  • Slax Popcorn adalah versi minimalistik yang berfokus pada penjelajahan internet dan pemutaran multimedia. Fiturnya a.l. Mozilla Firefoxsebagai web browser dan Xfce sebagai desktop environment, bukan KDE.
  • Slax Frodo adalah versi "bare bone", hanya menyediakan lingkungan text saja, terutama ditujukan bagi komputer-komputer yang mempunyai RAM sedikit.
Fluxbox adalah pilihan lingkungan di semua versi kecuali Frodo.

Salah satu fitur utama SLAX adalah kemudahan penyesuaian (customization). Perangkat lunak tambahan, seperti paket-paket Slackware, dapat ditambahkan ke CD dasar untuk menyesuaikan distribusi. Situs SLAX menawarkan repositori perangkat lunak untuk mengunduh paket (modul) dan memuat yang baru
SLAX menyimpan semua modul dalam file kompresi SquashFS menggunakan metode LZMA. Modul-modul ditumpuk bersama-sama untuk membangun root file system SLAX lengkap. Sebuah lapisan tambahan yang dapat ditulisi (TmpFS file system) diletakkan di atas tumpukan untuk melaksanakan fungsi menulis.
Sistem file bertumpuk yang digunakan SLAX berbeda antara versi 5 (unionfs) dan 6 (AuFS), demikian pula dengan ekstensi nama file modul (berubah dari .mo ke .lzm). Sebuah Live USB SLAX dapat dibuat secara manual atau dengan UNetbootin









silakan downloads kalau berminat :)

No comments:

Post a Comment